3000+ Customer

Halal Food Muslim

24 Hours Service

#1 Local Operator

#1 di Manado | Juaranya Tour Bunaken

TERBAIK NO 1

Mengenal Suku-Suku Di Sulawesi Utara

Mengenal Suku-Suku Di Sulawesi Utara
Rate this web | Berikan Rating

Mengenal Suku-Suku Sulawesi Utara – Sulawesi utara adalah salah satu provinsi indonesia yang memiliki beberapa suku.

Meskipun tidak terlalu besar seperti provinsi lainnya namun sulawesi utara juga tidak kalah akan suku dan budayanya sehingga kamu merasa tertarik untuk Mengenal Suku-Suku Sulawesi Utara dan minahasa

Kamu pasti kepo kan suku apa saja yang ada di sulawesi utara ini? kalau begitu yuk kita simak baik-baik penjelasan Mengenal SukuSuku Sulawesi Utara

Mengenal Suku-Suku Sulawesi Utara

Yang termasuk dalam suku-suku sulawesi utara adalah yang sebagai berikut ini :

  1. Suku mongondow

Mongondow merupakan salah satu suku milik sulawesi utara yang menjadi salah satu suku terkenal di provinsi sulawesi utara ini.

Suku ini dulu memiliki sebuah kerajaan yang dimana nama kerajaan tersebut adalah bolaang mongodow, tapi yang perlu yang kamu ketahui kerajaan suku mongondow memiliki artinya loh.

Yang perlu kamu tau bolaang memiliki arti yang dalam yaitu ” bolango” atau juga bisa ” balangon ” yang artinya Laut. Selain memiliki arti laut kedua kata tersebut juga memiliki arti lain.

Jumlah dari suku mongondow milik sulawesi utara ini sangatlah banyak loh, karena mereka memiliki kepercayaan pada nenek moyang mereka.

karena mereka yakin bawah nenek moyang mereka adalah pasangan Tumotoiboko danTumotoibokat karena itu masing-masing setiap suku menurunkan keturunanan mereka sehingga menjadi suku mongondow ini di sulawesi utara.

2. Suku Talaud

Suku talaud juga termasuk dalam artikel ini loh karena suku ini termasuk juga di suku milik provinsi sulawesi utara.

Yang perlu kamu tahu bahwa suku ini termasuk suku yang memiliki bahasa yang unik di pelajari loh karena cara penyebutan atau nada dalam bicara.

Selain itu suku talaud ini juga berada di sebuah kepulauan di sulawesi utara, suku ini memiliki banyak kepulauan di setiap tempatnya. Dan daerah dari suku talaud ini dekat dengan perbatasan daerah filipina atau negara tetangganya

3. Suku Sangir

Suku sangir ini juga menjadi salah satu suku di sulawesi utara, namun bukan hanya itu karena suku ini juga memiliki kesamaan dengan suku talaud.

Sangir juga menempati tempat tinggalnya di sebuah kepulauan yang ada di sulawesi utara, dimana suku sangir ini memiliki berbagai jenis nama kepulauannya masing-masing

Sulu ini juga dekat dengan daerah perbatasan yaitu filipina yang disebut dengan bisa dengan negara tetangga.

4. Suku Tombulu

Tombulu ini merupakan salah satu suku yang ada di sulawesi utara ini, suku ini memiliki sejarah yang dalam.

Suku ini menetap di daerah tomohon yang ada di provinsi utara ini dimana daerah tersebut menggunakan bahasa suku tombulu.

Tombulu ini juga memiliki jumlah populasi yang terbilang banyak karena bisa di perkirakan sampai 60.000 orang yang berada di sensus pada tahun yang sangat lama yaitu 1981.

Selain ditomohon suku ini juga memiliki beberapa walak seperti berikut ini ;

– Tomohon

– Sarongsong

– Tombariri

– Kakaskasen

– Ares

– dan masih banyak lainnya.

5. Suku Tonsawang

Suku ini berada di provinsi sulawesi utara juga loh, kamu bisa mengetahuinya jika kamu bisa bertemu langsung dengan suku tonsawang ini.

Selain itu masyrakat dari suku ini memiliki mayoritas sebagai pemeluk agama kristen loh, karena hal itu terjadi saat pada masa masuknya bangsa portugis.

Kamu juga perlu tahu bahwa suku ini kebanyakan bekerja sebagai seorang petani, mereka biasanya menanam berbagai jenis tanaman sehingga itu bisa mereka jual.

6. Tonsea

Suku milik sulawesi ini terbilang unik untuk kamu ketahui loh!

Suku ini terbilang sangat besar juga di provinsi ini karena jumlah populasinya yang begitu besar yang berkisar lebih dari 90.000 pada tahun sensus lamanya yaitu sekitar tahun 1989.

Pada umumnya suku ini akan berbicara menggunakan bahasa tonsea dengan dialek atau nada bicara yang berbeda-beda di setiap tempatnya.

Kalian pasti kepokan dialek apa saja yang di gunakan suku ini? yuk simak baik-baik..

– Dialek bitung

– maumbi

– kuditan

– airmadidi

Nah itu dia dialek yang sering di gunakan suku tonsea ini.

7. Suku Tontemboan

Suku tontemboan merupakan suku disulawesi utara yang menetap di minahasa, suku ini walau tidak terlalu banyak diketahui orang-orang namun populasi dari suku ini bisa terbilang lumayan banyak.

populasi dari suku ini dapat berkisar sekitar 150.000 orang sehingga masyarakat suku ini bisa saja kamu temui saat kalian akan datang liburan ke manado nanti.

Orang suku ini pada umumnya akan berbicara atau mengobrol menggunakan bahasa tontemboan namun mereka menggunakan bahasa tersebut secara teratur.

8. Tolour

Suku tolour ini juga termasuk dalam daftar suku di provinsi ini.

Suku ini biasanya tinggal di daerah tondano provinsi sulawesi utara untuk mereka tinggali bersama keluarga.

Orang tondano menyebut diri mereka sebagai orang suku tolour karena mereka bisa berbicara bahasa tolour.

9. Suku Ratahan

Ratahan merupakan suku yang menetap di manado/sulawesi utara, suku ini memilikin populasi yang lumayan besar yang berkisar sekitar 15.000.

Hal ini terjadi karena mungkin adanya hidup yang berdamping dengan salah satu suku, sehingga sedikitnya keturunan yang di peroleh.

Bukan hanya itu saja loh kamu perlu tahu juga bahwa suku ini susah untuk kalian bedakan, kenapa begitu?

Karena adanya kesamaan bahasa di antara kedua suku Ratahan dan suku pasan. Oleh dari itu mungkin anda akan merasa sulit saat ingin mengenali mereka.

10. Suku Ponosakan

Yang perlu kamu ketahui bahwa suku ponosakan ini menjadi salah satu suku yang memiliki mayoritas yang memeluk agama Islam.

Jadi kamu tidak akan heran lagi ketika kemanado dan bertemu dengan suku ini yang mungkin kebanyakan beragama islam.

Dengan begitu suku ini juga populasi orang yang terbilang besar yang berkisar 5000 orang, walaupun tidak sebanyak suku lain.

Kami tunggu kehadiran kalian di manado..

Namun suku ini memiliki rasa sayang yang mendalam kepada setiap anggota suku mereka yang berada di minahasa sulawesi utara.

11. Suku Bantik

Suku bantik merupakan suku yang terletak di sulawesi utara dengan memiliki kesamaan dengan suku sangir,kenapa begitu?

Karena suku sangir merupakan sub-suku dari suku bantik yang dimana kedua suku ini berdekatan dengan daerah sulawesi utara daratan.

Karena hal itu mereka memiliki kesamaan bahkan sampai di sebut sebagai salah satu sub-suku.

Kalian pasti tau gorontalokan? yah gorontalo ini juga menjadi daftar dalam suku-suku di provinsi sulawesi utara.

Gorontalo ini menjadi salah satu suku yang terbesar dimanado/sulawesi utara, kenapa bisa? pasti ada alasannya di balik itu.

Karena semenjak tahun 2010 suku gorontalo in memiliki jumlah populasi yang sangat besar di sulawesi yang berkisar 1.251.494 jiwa.

Jadi sudah pasti dengan begitu banyak nya jumlah populasi itu akan ada banyak dari sedikit yang mengenal suku gorontalo ini.

Maka dari itu ketika kamu datang kemanado untuk liburan mungkin akan lebih sering bertemu dengan suku gorontalo.

Nah demikian penjelasan saya mengenai suku-suku sulawesi utara ini, semoga dengan ini kamu bisa merasa tertarik untuk Mengenal Suku-Suku Sulawesi Utara lebih dalam tentang sulawesi utara. Terima kasih..

Share:

[addtoany]

Related Post

bunaken tour